Karena hidup bagai menari diatas kerikil kecil, Man jadda wa jada! ^_^

Jumat, Februari 12, 2016

HUBUNGAN IKLIM DAN TANAMAN



Nama   : Nurhashifah Agriani
Nim     : 05021181320012
Prodi   : Teknik petanian

HUBUNGAN IKLIM DAN TANAMAN
Ringkasan
Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain. Iklim merupakan kebiasaan alam yang digerakkan oleh gabungan beberapa unsur yaitu, radiasi matahari, temperatur, kelembapan awan, presipitasi, evaporasi, tekanan udara dan angin. Unsur-unsur tersebut berbeda pada tempat yang satu dengan yang lainnya. Perbedaan itu disebabkan karena adanya faktor iklim atau yang disebut juga dengan pengendali iklim, yaitu:
  1. ketinggian tempat
  2. latitude atau garis lintang
  3. daerah tekanan
  4. arus laut
  5. permukaan tanah
Pengaruh timbal balik antara faktor tersebut akan menentukan pola yang diperlihatkan oleh unsur. Tetapi sebaliknya, unsur-unsur tersebut pada suatu batas tertentu akan mempengaruhi faktor juga, sehingga keadaannya cenderung untuk melanjutkan proses timbal balik tadi. Batas pola yang ditentukan umumnya stabil. Terjadinya penyimpangan tidak dapat dihindari pada proses tersebut. Penyimpangan yang dimaksud sesungguhnya adalah pengecualian yang harus diperhatikan. Sebagai contoh hal yang harus dikemukakan tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Musim kemarau yang panjang
  2. Curah hujan yang terus-menerus selama beberapa hari serta demikian lebat.
  3. Perubahan suhu yang lebih panas daripada biasanya.
Penyimpangan tersebut dapat menimbulkan bencana baik bagi manusia, ternak ataupun tanaman, seperti halnya penyimpangan yang ditimbulkan akibat banjir, suhu yang berubah menjadi terlalu panas, badai atau angin topan, kekeringan dan lain sebagainya. Tentunya ada interaksi antara tanaman dan iklim. Pengaruh tanaman pada iklim lingkungan menjadi penting dengan semakin besarnya tanaman dan jumlah rumpun tanaman. Mulanya tanaman akan dipengaruhi oleh iklim mikro saja, namun kemudian lambat laun dipengaruhi oleh iklim meso dan iklim makro. Iklim tak hanya mempengaruhi tanaman tapi juga dipengaruhi oleh tanaman. Hutan yang lebat dapat menambah jumlah kelembapan udara melalui transpirasi. Bayangan dari pepohonan dapat mengurangi suhu udara sehingga penguapan menjadi kecil. Di dalam pertanian, kehutanan dan perkebunan pemeliharaan terhadap tanaman yang baru tumbuh adalah sangat penting karena tanaman yang muda masih lunak terutama peka terhadap kondisi iklim. Karena itu sebelum memperhatikan tanaman muda, perlu mengetahui lebih dahulu iklim setempat agar mencapai hasil yang maksimal. Penyebaran iklim antar tempat di seluruh dunia secara global sangat beragam, dikendalikan oleh faktor-faktor ilmiah yang disebut sebagai faktor pengendali iklim (climatic control).
Keragaman iklim antar wilayah di dunia dikendalikan beberapa faktor alam yaitu:
  1. Daya pancar radiasi di permukaan surya
  2. Derajat lintang tiap tempat di permukaan bumi.
  3. Ketinggian tempat di atas permukaan laut (m.dpl).
  4. Halangan pegunungan (topografi).
  5. Pusat-pusat tekanan tinggi dan rendah semi permanen.
  6. Posisi tempat terhadap samudera.
  7. Gerakan massa udara regional.
  8. Arus lautan.
Di antara faktor tersebut 2, 3, 5 dan 7 berpengaruh jelas terhadap tanaman dan pertanian di Indonesia.
Derajat lintang bumi mengendalikan penerimaan radiasi surya di tiap tempat sehingga mengatur sebaran energi untuk proses biologi tumbuhan. Akibatnya terjadi perubahan teratur antara derajat lintang bumi di seluruh dunia dalam hal intensitas penerimaan radiasi surya, panjang hari, suhu udara dan juga presipitasi. Hal ini berakibat kepada sebaran keragaman varietas tumbuhan dan "growing season" (periode tumbuhan aktif). Akibatnya perubahan derajat lintang yang cukup besar akan berakibat pada aktivitas pertanian. Ketinggian tempat di atas permukaan laut mudah berubah antar tempat pada jarak pendek faktor ini berpengaruh terhadap suhu udara. Penurunan suhu udara berhubungan erat dengan kenaikan tinggi tempat (lapserate).
            Perpindahan pusat-pusat tekanan udara tinggi dan rendah semi permanen antar benua di belahan bumi berbeda seperti contoh antara benua Asia dan Australia membangkitkan gerakan massa udara regional yang berganti arah setiap 6 bulan, disebut aktivitas Monsun atau angin musim. Fakta membuktikan bahwa tipe angin ini telah mengakibatkan pola distribusi air hujan dan musim (musim hujan dan musim kemarau) di sebagian kepulauan Indonesia. Selanjutnya juga telah mengakibatkan pola perwilayahan tanaman pangan dan tanaman perkebunan serta pola kegiatan pertanian.
 
Soal benar salah
1.      Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.
2.      Pengaruh tanaman pada iklim lingkungan menjadi tidak penting dengan semakin besarnya tanaman dan jumlah rumpun tanaman.
3.      Keragaman iklim antar wilayah di dunia dikendalikan beberapa faktor alam yaitu: Daya pancar radiasi di permukaan surya dan Derajat lintang tiap tempat di permukaan bumi.
4.      Akibatnya terjadi perubahan teratur antara derajat lintang bumi di seluruh dunia dalam hal intensitas penerimaan radiasi surya, panjang hari, suhu udara dan juga presipitasi. Hal ini berakibat kepada sebaran keragaman varietas tumbuhan dan "growing season" (periode tumbuhan aktif).
5.      Kondisi iklim suatu tanaman adalah tidak cocok untuk suatu varietas tumbuhan apabila telah terbukti memungkinkan varietas tumbuhan tersebut untuk tumbuh berkembang dan melangsungkan regenerasi secara sukses sehingga kelestarian plasma nutfah terjamin.
6.      Suatu wilayah dimana varietas tertentu dapat tumbuh baik sebagai tumbuhan, belum tentu iklimnya cocok untuk varietas tersebut sebagai tanaman.
7.      Kurma tumbuh subur di Indonesia tetapi tidak menghasilkan buah karena kurma memerlukan intensitas cahaya yang tinggi lama penyinaran yang panjang dan musim kering yang lama
8.      Karet tumbuh subur di Pasuruan dan produksi lateksnya meningkat drastis
9.      Cara memodifikasi suhu dan kelembaban iklim mikro yaitu dengan pemasangan tudung dari kayu
10.  Cara memodifikasi intensitas radiasi pada iklim mikro yaitu dengan pemberian kombinasi lampu pijar dan neon



Soal pilihan ganda
1.      Iklim adalah ....
a.       Iklim adalah kondisi rata-rata udara berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.
b.      Iklim adalah kondisi rata-rata cuaca berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.
c.       Iklim adalah kondisi rata-rata kelembaban berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.
d.      Iklim adalah kondisi rata-rata intensitas cahaya berdasarkan waktu yang panjang untuk suatu lokasi di bumi atau planet lain.
2.      Keragaman iklim antar wilayah di dunia dikendalikan beberapa faktor alam yaitu sebagai berikut, kecuali ...
a.         Daya pancar radiasi di permukaan surya
b.        Derajat lintang tiap tempat di permukaan bumi.
c.         Ketinggian tempat di atas permukaan laut (m.dpl).
d.        Lama waktu suatu daerah
3.      Perberbedaan pada tempat yang satu dengan yang lainnya disebabkan karena adanya faktor iklim atau yang disebut juga dengan pengendali iklim, yaitu sebagai berikut, kecuali...
a.         ketinggian tempat
b.        latitude atau garis lintang
c.         Arus listrik
d.        daerah tekanan
4.      Tipe angin yang telah dibuktikan bahwa telah mengakibatkan pola distribusi air hujan dan musim (musim hujan dan musim kemarau) di sebagian kepulauan Indonesia adalah....
a.         Angin fohn
b.        Angin puting beliung
c.         Angin muson dan musim
d.        Angin darat dan laut

5.      Kondisi iklim suatu tanaman adalah.....
a.         Tidak cocok untuk suatu varietas tumbuhan apabila telah terbukti memungkinkan varietas tumbuhan tersebut untuk tumbuh berkembang dan melangsungkan regenerasi secara sukses sehingga kelestarian plasma nutfah terjamin.
b.        Cocok untuk suatu varietas tumbuhan apabila telah terbukti memungkinkan varietas tumbuhan tersebut untuk tumbuh berkembang dan melangsungkan regenerasi secara sukses sehingga kelestarian plasma nutfah terjamin.
c.         Kurang cocok untuk suatu varietas tumbuhan apabila telah terbukti memungkinkan varietas tumbuhan tersebut untuk tumbuh berkembang dan melangsungkan regenerasi secara sukses sehingga kelestarian plasma nutfah terjamin.
d.        Cocok untuk suatu varietas tumbuhan apabila tidak terbukti memungkinkan varietas tumbuhan tersebut untuk tumbuh berkembang dan melangsungkan regenerasi secara gagal sehingga kelestarian plasma nutfah tidak terjamin
6.      Kurma tumbuh subur di Indonesia tetapi tidak menghasilkan buah karena kurma karena...
a.         Memerlukan intensitas cahaya yang tinggi lama penyinaran yang panjang dan musim kering yang lama
b.        Memerlukan intensitas cahaya yang rendah, lama penyinaran yang sebentar dan musim kering yang singkat
c.         Memerlukan Panjang gelombang yang tinggi, kuat arus yang panjang dan musim salju yang lama
d.        Memerlukan ketinggian yang rendah, tinggi lama penyinaran yang singkat dan musim kering yang lama


7.      Cara memodifikasi suhu dan kelembaban iklim mikro yaitu dengan...
a.         Pemasangan tudung dari kayu
b.        Pemasangan tudung dari besi
c.         Pemasangan tudung dari plastik
d.        Pemasangan tudung dari bambu
8.      Cara memodifikasi intensitas radiasi pada iklim mikro yaitu sebagai berikut kecuali...
a.         Dengan pemberian kombinasi lampu pijar dan neon
b.        Pemberian naungan pararet hitam
c.         Pemberian naungan rumah bayang dan pohon pelindung
d.        Pemberian tudung dari besi
9.      Ketinggian tempat di atas permukaan laut mudah berubah antar tempat pada jarak pendek yang akan berpengaruh terhadap.....
a.         Suhu udara
b.        Kelembaban
c.         Tinggi permukaan
d.        Radiasi matahari
10.  Bayangan dari pepohonan dapat mengurangi suhu udara sehingga penguapan menjadi...
a.         Kecil
b.        Besar
c.         Tinggi
d.        Sangat besar





Kunci jawaban benar salah

1.      Benar
2.      Salah
3.      Benar
4.      Benar
5.      Salah
6.      Benar
7.      Benar
8.      Salah
9.      Salah
10.  Benar


Kunci jawaban pilgan

1.      B
2.      D
3.      C
4.      C
5.      B
6.      A
7.      C
8.      D
9.      A
10.  A






Tidak ada komentar:

Posting Komentar