Karena hidup bagai menari diatas kerikil kecil, Man jadda wa jada! ^_^

Jumat, Februari 12, 2016

HUBUNGAN ANTAR UNSUR CUACA DAN IKLIM



Nama   : Nurhashifah Agriani
Nim     : 05021181320012
Prodi   : Teknik pertanian

HUBUNGAN ANTAR UNSUR CUACA DAN IKLIM
Ringkasan
Cuaca adalah rataan udara yang berlangsung dalam waktu yang singkat dengan kurun waktu yang sempit, sedangkan Iklim adalah keadaan atmosfer yang berlangsung dalam waktu yang lama dan dalam cakupan wilayah yang luas. Cuaca dan iklim merupakan dua hal yang saling berkaitan. Adanya cuaca memungkinkan untuk terjadinya keragaman iklim. Adanya keragaman iklim terjadi karena perbedaan cuaca di berbagai tempat. Kedua gejala alam ini, cuaca dan iklim, dipelajari dalam ilmu yang khusus, yaitu Meteorologi dan Klimatologi.
Proses pembentukan  cuaca  dan  iklim
Faktor pengendali   :
·         Pancaran radiasi surya (Matahari sangat penting sebagai sumber energi pada bumi. Pancaran energi yang datangdalam bentuk gelombang elektromagnetik. Besarnya radiasi tergantung pada suhu atau temperatur. Makin tinggi temperatur, makin hebat radiasi dan makin pendek gelombang elektromagnetiknya.
·         Letak lintang (latitude) letak astronomis Indonesia menyebabkan Negara ini tergolong sebagai Negara tropis atau panas.
·         Ketinggian tempat (altitude) (Suhu udara di daerah dataran rendah lebih tinggi daripada di daerah dataran tinggi atau pegunungan. Keadaan tersebut sesuai dengan karakteristik atmosfer, terutama pada lapisan troposfer, yaitu setiap kenaikan 100 meter suhu udaranya turun 0,5 °C.
·         Posisi tempat thd lautan (Suatu tempat yang dekat dengan laut atau danau suhu udara rata-rata hariannya tinggi, sedangkan tempat yang jauh dngan laut atau danau suhu udara rata-rata hariannya rendah keadaan tersebut dipengaruhi oleh sifat air dan tanah (daratan) dalam menerima panas. Air lebih lambat menerima dan melepaskan panas, sedangkan daratan lebih cepat dalam menerimadan melepaskan panas panas.
·         Pengukuran suhu udara pada saat tertentu dapat dilakukan dengan menggunakan termometer, sedangkan suhu rata-rata haarian diukur selama satu hari (siang dan malam) dengan termograf. Jasil pencatatannya disebut termogram.)
·         Pusat tekanan tinggi dan rendah
·         Aliran massa udara (Tekana udara adalah tekanan yang diberikan udara setiap satuan luas bidang datar dari oermukaan bumi sampai batas atmosfer. Makin tingi suatu tempat makin rendah kerapatan udaranya. Oleh karena itu, tekanan udara makin ke atas makin rendah.Sebaran tekanan udara suatu daerah dapat digambarkan dala peta yang ditunjukan oleh isobar. Isobar adakah garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai tekanan udara sama pada saat yang sama pula.)
·         Halangan oleh pegunungan : Gunung penghalang merupakan salah satu faktor pengendali cuaca dan iklim. Faktor ini memiliki peran yang sangat berhubungan dengan arah angin. Dengan adanya gunung penghalang, angin yang melewati daerah dengan topografi pegunungan akan mengalami hambatan.
·         Arus laut yaitu gerakan air laut yang sangat luas dengan arah tetap dan teratur. Arus laut terjadi di permukaan dan di bawah permukaan air laut. 
·         Unsur cuaca/iklim
Unsur – unsur iklim
1. Penerimaan radiasi dan lama penyinaran
2. suhu udara
3. kelembaban udara
4. tekanan udara
5. Kec. Dan arah angin
6. Evaporasi
7. Presipitasi
8. suhu tanah

Manfaat
Menunjang usaha peningkatan produksi pertanian dengan mengadakan kegiatan :
*      Peramalan produksi yang lebih tepat dengan berpegangan  pada data cuaca.
*      Mengadakan pengaturan pola tanam meliputi jadwal pergiliran tanaman, pemilihan kultivar untuk penanaman tumpang sari.
*      Melakukan kontrol terhadap kondisi lingkungan yg ada disekitar tanaman dan hewan. Utk ling. Mikro penggunaan berbagai jenis mulsa, naungan, rumah kaca. Pengendalian kec.angin dengan menanam pohon pelindung, mencegah frost.
Hubungan antara unsur cuaca dan iklim
Unsur utama cuaca ialah suhu udara, radiasi, tekanan udara, kelembapan udara, angin, dan curah hujan. Selain itu, terdapat unsur cuaca yang lain, seperti intensitas penyinaran matahari, keadaan awan, embun, dan petir. Iklim merupakan kelanjutan hasil pencatatan unsur cuaca dari hari ke hari dalam waktu yang lama sehingga merupakan rata-rata dari unsur cuaca. Unsur-unsur iklim sama dengan unsur-unsur cuaca, yaitu suhu udara, radiasi, tekanan udara, kelembapan udara, angin, curah hujan, intensitas penyinaran matahari, keadaan awan, embun, dan petir. Oleh karena itu, unsur iklim bersifat stabil, tidak seperti unsur cuaca yang selalu berubah
Pengaruh Unsur-unsur Cuaca dan Iklim Terhadap Tanaman
*      Pengaruh Suhu dan Radiasi Matahari
*      Pengaruh Angin dan Kecepatan Angin
*      Pengaruh Curah Hujan
*      Pengaruh Kelembaban udara
*      Pengaruh Tekanan Udara
Mekanisme  pengaruh iklim terhadap tanaman

SPA52649










Soal pilihan ganda
1.      Keadaan atmosfer yang berlangsung dalam waktu yang lama dan dalam cakupan wilayah yang luas disebut .....
a.       suhu
b.      iklim
c.       suhu
d.      cuaca
2.      Komodisi atmosfer yang berlangsung dalam waktu yang singkat dengan kurun waktu yang sempit disebut ...
a.       iklim
b.      cuaca
c.       suhu
d.      kelembapan
3.      Gejala alam cuaca dan iklim, dipelajari dalam ilmu yang khusus, yaitu ....
a.       Meteorologi dan Klimatologi.
b.      Geografi
c.       Antropologi
d.      Biologi
4.      Salah satu unsur iklim sebagai faktor pengendali yang berfungsi sebagai memberi penyinnaran  dan sumber energi bumi yaitu ...
a.       Radiasi
b.      Suhu
c.       Angin
d.      Kelembapan
5.      Radiasi Gejala alam cuaca dan iklim, dipelajari dalam ilmu yang khusus, yaitu ....
a.       Meteorologi dan Klimatologi.
e.       Geografi
f.       Antropologi
g.      Biologi
6.      Yang mempengaruhi terhadap proses penyediaan lengas tanah (cadangan air pada permukaan atas tanah) melalui proses pengembunan uap air diudara disebut ....
a.       Kelembapan udara            c. Tekanan udara
b.      Aliran udara                      d. Suhu udara
7.      Jumlah seluruh kecepatan angin pada saat pengamatan di bagi dengan jumlah pengamatan tanpa memperhatikan arah angin adalah ..
a.       Suhu
b.      Kecepatan angin rata-rata
c.       Kecepatan angin
d.      Tekanan udara
8.      suhu rata-rata haarian diukur selama satu hari (siang dan malam) dengan alat...
a.       termograf
b.      termometer
c.       termogram
d.      anemogram
9.      Adapun intensitas respirasi daun sepenuhnya dipengaruhi oleh .....
a.       Hujan
b.      Iklim
c.       Suhu udara
d.      Kelembapan
10.  Pencatatannya suhu rata-rata haran yaitu disebut ......
a.       termogram.
b.      Termohidrograf
c.       Termometer
d.      Telegram


Soal Benar Salah
1.      Iklim adalah bumi yang berlangsung dalam waktu yang singkat dengan kurun waktu yang sempit
2.       Cuaca  adalah keadaan atmosfer yang berlangsung dalam waktu yang lama dan dalam cakupan wilayah yang luas gejala alam ini, cuaca dan iklim, dipelajari dalam ilmu yang khusus, yaitu Meteorologi dan Klimatologi
3.      Besarnya radiasi tergantung pada suhu atau temperatur. Makin tinggi temperatur, makin hebat radiasi dan makin pendek gelombang elektromagnetiknya.
4.      Suhu mempengaruhi terhadap proses penyediaan lengas tanah (cadangan air pada permukaan atas tanah) melalui proses pengembunan uap air diudara.
5.      Angin mempengaruhi tanaman melalui  proses evaporasi (proses kesediaan air pada pori-pori tanah yang menguap karena peningkatan suhu dan radiasi surya).
6.      Dengan adanya angin maka akan membantu dala penyerbukan tanaman dan pembenihan alamiah
7.      Pengukuran suhu udara pada saat tertentu dapat dilakukan dengan menggunakan termometer, sedangkan suhu rata-rata haarian diukur selama satu hari (siang dan malam) dengan termograf. Jasil pencatatannya disebut termogram
8.      Isobar adakah garis yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai tekanan udara sama pada saat yang sama pula.)
9.      Unsur-unsur iklim sama dengan unsur-unsur cuaca, yaitu suhu udara, radiasi, tekanan udara, kelembapan udara, angin, curah hujan, intensitas penyinaran matahari, keadaan awan, embun, dan petir. Oleh karena itu, unsur iklim bersifat stabil, tidak seperti unsur cuaca yang selalu berubah.

Kunci Jawaban Pilgan

1.      B
2.      B
3.      C
4.      A
5.      A
6.      C
7.      B
8.      A
9.      C
10.  A



Kunci jawaban benar salah

1.      Salah
2.      Salah
3.      Benar
4.      Benar
5.      Salah
6.      Salah
7.      Benar
8.      Benar
9.      Benar
10.  Benar



Tidak ada komentar:

Posting Komentar