Segala sesuatu selalu dapat dibuat lebih baik, lebih cepat, lebih maju, lebih tinggi, dan lebih hebat. Stay hungry stay foolish. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Pastikan hari ini lebih baik dari hari kemarin. Dan Hari esok lebih baik dari hari ini -Agriani-

Senin, Juli 23, 2018

[Review] Men Are From Mars, Women Are From Venus (Buku : JHON GRAY, PH.D)

Judul : Men are from mars, Women are from venus
Penulis : Jhon Gray, PH.D
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit : Maret 1995
ISBN : 9786020375212
Tebal : 438 Halaman

Ulasan dan photo by: Nurhashifah A


Buku ini merupakan buku petunjuk klasik untuk memahami hubungan antara pria dan wanita. Dewana ini banyak sekali kasus perceraian yang terjadi hanya karena pola komunikasi yang menurut mereka "tidak nyambung, tidak baik, tidak efektif, dsb" didalam rumah tangga. Pria dan wanita sebenarnya mempunyai "maksud" komunikasi yang sama namun hanya saja penyampaiannya yang berbeda sehingga sering kali disalah artikan oleh satu sama lain. Buku ini secara detail memberikan nasihat mengenai cara mengatasi perbedaan dalam gaya berkomunikasi, kebutuhan - kebutuhan emosional, dan perilaku untuk meningkatkan pemahaman yang lebih besar antara masing - masing pasangan. Buku ini sangat - sangat aku rekomendasikan untuk dibaca jauh sebelum kalian menikah untuk belajar memahami bagaimana kemudian venus atau mars itu berpikir dan berkomunikasi. Buku ini mempunyai 13 bab yang satu persatu akan aku review secara singkat.

Prolog :
Dahulu kala, seorang Mars (pria) berjumpa dengan orang Venus (wanita). Mereka jatuh cinta dan menjalin hubungan yang membahagiakan karena mereka saling menghargai dan menerima perbedaan satu sama lain. Kemudian mereka pergi ke Bumi dan mulai menderita amnesia mereka lupa bahwa mereka berasal dari planet yang berbeda.  

Bab 1 
PRIA DARI MARS WANITA DARI VENUS

Tanpa sadar kita sering lupa bahwa pria dan wanita sangatlah berbeda, pria dan wanita akan selalu berselisih. Kita lazimnya menjadi kecewa dengan lawan jenis, karena kita melupakan kebenaran yang penting ini. Kita selalu berharap lawan jenis kita selalu mirip dengan diri kita sendiri. Kita berharap mereka menginginkan apa yang kita inginkan dan merasakan apa yang kita rasakan. Secara keliru kita menganggap bahwa apabila pasangan kita mencintai kita, mereka akan bereaksi dan bertingkah laku dengan hal - hal tertentu, seperti halnya reaksi dan tingkah lakukita apabila mencintai seseorang.  

Kaum pria secara keliru mengharapkan kaum wanita untuk berpikir, berkomuikasi, dan bereaksi seperti pria, kaum wanita pun secara keliru mengharapkan kaum pria merasakan, berkomunikasi dan menanggapi seperti wanita. Sebagai akibatnya hubungan - hubungan kita penuh dengan gesekan dan pertikaian yang tidak perlu. Sudah jelas menerima dan menghargai perbedaan-perbedaan ini akan mengurangi secara dramatis kebingungan sewaktu berhadapan dengan lawan jenis. Bila kita ingan bahwa mars dan venus itu berbeda maka segala sesuatunya tentu dapat dijelaskan.

Bab 2 
PEMBERES MASALAH DAN PANITIA PERBAIKAN RUMAH

Keluhan yang paling sering diungkapkan wanita mengenai pria ialah bahwa pria tidak mendengarkan. Biasanya pria  mengabaikan wanita ketika ia berbicara, atau pria itu hanya mendengarkan beberapa potong, menilai apa yang dirisaukan hati wanita, kemudian dengan bangga menawarkan pemecahan masalah untuk membuat wanita lebih baik. Tapi pria menjadi bingung ketika wanita tidak menghargai uluran cintanya. Sang wanita membutuhkan empati (berupa mendengarkan, rangkulan dan kasih sayang), tapi pria berpendapat bahwa wanita menghendaki pemecahan. 

Keluhan yang paling sering diungkapkan pria mengenai wanita adalah bahwa wanita senantiasa mencoba mengubah pria. Apabila seorang wanita mencintai seorang pria, ia merasa bertanggung jawab untuk membantu pria itu dan mencoba menolong pria untuk menolong segala sesuatunya. Wanita mengaggap dirinya mengasuh sang pria sementara sang pria merasa dirinya dikuasai.

Kedua masalah ini dapat dipecahkan dengan terlebih dahulu memahami mengapa pria menawarkan pemecahan - pemecahan dan mengapa wanita berusaha untuk memperbaiki.

Poin penting tentang si Mars :
  1. Arti diri pria ditentukan oleh kemampuannya mencapai hasil - hasil
  2. Menawakan nasihat yang tidak diminta kepada mars berarti menganggap ia tidak tahu apa yang harus dilakukannya atau bahwa ia tak dapat melakukannya sendiri.
Poin penting tentang si Venus :
  1. Arti diri seorang wanita ditentukan melalui, perasan - perasannya dan mutu hubungannya
  2. Pada dasarya saat wanita memberikan nasihat yang tidak diminta atau mencoba menolong seorang pria, wanita itu tidak mempunyai bayangan betapa besar kecaman dan betapa menyakitkan kedengarannya bagi pria itu. 
  3. Kerap kali wanita hanya ingin berbagi perasaan mengenai dirinya kepada sang suami, karena sang suami berpikir mau menolongnya ia kemudian menyela pembicaraan dan menawarkan serangkaian pemecahan terhadap kesulitan - kesulitan istrinya.
Wanita akan sangat menghargai tuan pemberes masalah asalkan ia tidak muncul saat ia sedang marah. Kaum pria perlu ingat bahwa ketika ia sedang marah menawarkan pemecahan bukanlah solusi. Wanita hanya membutuhkan didengar, diperhatikan dan perlahan wanita akan membaik dengan sendirinya. Ia tidak membutuhkan pembetulan. 

Pria sangat menghargai panitia perbaikan rumah, sepanjang panitia perbaikan rumah itu dibutuhkan (catat ya). Wanita harus ingat bahwa nasihat yang diberikan tanpa diminta akan membuatnya merasa tidak dicintai dan dikuasai. 

Dengan memahami hal ini kita jadi lebih menghormati kepekaan - kepekaan pasangan kita dan jadi lebih mendukung. Apalagi kita menyadari bahwa bila pasangan menolak kita barangkali itu karena kita telah membuat kesalahaan dalam pemilihan waktu atau pendekatan.

Bab 3
KAUM PRIA MASUK GUA KAUM WANITA BERBICARA

Salah satu perbedaan paling besar antara pria dan wanita adalah cara mereka menghadapi stres. Pria jadi semakin memusatkan ke masalah dan menarik diri (masuk gua), sementara wanita semakin bingung dan terlibat secara emosional. Untuk merasa lebih enak, orang - orang mars masuk ke gua - gua mereka guna menyelesaikan persoalan - persoalan mereka sendirian. Untuk merasa lebih enak penduduk venus berkumpul bersama dan secara tebuka membicarakan kesulitan - kesulitan (tidak semua venus ekstrovert dengan orang lain, seperti aku misalkan lebih suka masuk ke gua juga, hhe). 
Selama kaum pria berada didalam guanya, sebaiknya kaum venus beraktifitas seperti biasa agar kaum mars merasa lebih tenang, bukan malah lebih pusing melihat pasangannya tertekan diluar gua. Aku percaya setiap orang memang butuh waktu untuk merenungi apa yang terjadi, mengintrospeksi diri sambil menyusun langkah dan kembali dengan membawa langkah yang baru.

Bab 4 
BAGAIMANA MEMOTIVASI LAWAN JENIS

Kaum pria jadi termotivasi dan bersemangat kala mereka dibutuhkan. Kaum wanita jadi termotivasi dan bersemangat kala mereka merasa dicintai. Aku kurang sepakat sebenarnya dengan mars yang merasa bersemangat kala mereka dibutuhkan, karena beberapa orang mars yang pernah aku temui dengan pasangannya masing - masing justru merasa "tidak nyaman" ketika mereka merasa dibutuhkan oleh wanita, kaum mars beberapa ada yang memang tidak mau membuka atau memberikan kesempatan kebahagian untuk si venus dengan alasan kaum venus tidak layak dibahagiakan. Tapi sejauh ini kunci rahasia tadi masih berlaku untuk semua orang. Aku sebagai venus sepakat ketika kami akan menjadi lebih bersemangat ketika kami dicintai. 

Ketika masih muda seorang mars dapat puas hanya dengan melayani dirinya sendiri tapi setelah dewasa pemuasan diri sendiri tidak lagi mencukupi. Sehingga ketika dewasa pria akan belajar bagaimana kemudian memberi lebih banyak. Namun yang paling ditakuti pria adalah bahwa ia tidak cukup baik/kompeten karena pria takut memberi. 

Di venus mereka hidup dengan motto "aku mengalah agar kau bisa menang", selama venus bisa berkorban demi orang - orang lain agar semua orang berkecukupan. Wanita ketika muda memberi terlalu banyak dan menerima terlalu sedikit sampai akhirnya mereka bosan memberi terlampau banyak sepanjang waktu. Wanita ingin istirahat dan diperhatikan sejenak, namun disisi lain wanita takut menerima karena merasa tidak layak, akhirnya wanita terus - terusan memberi. Hingga akhirnya ketika ia dewa ia menyadari bahwa ia layak dicintai, ia tak usah mengejarnya, ia dapat lebih santai, memberi lebih sedikit dan menerima lebih anyak, ia layak memperoehnya. 

Note : memberi disini berupa cinta kasih, moril, materil, dll

Bab 5
BERBICARA DALAM BAHASA YANG BERBEDA

Kita tahu bahwa bahasa mars dan venus mempunyai kata - kata yang sama, tetapi cara penggunaanya yang memberi makna yang berbeda - beda. Ungkapan - ungkapannya serupa tetapi mengandung konotasi atau penekanan emosional yang berbeda. Mudah sekali terjadi slah paham. 

Mengungkapkan Perasaan Versus Mengungkapkan Informasi
Kaum pria dan wanita jarang memaksudkan hal - hal yang sama, meskipun mereka menggunakan kata - kata yang sama. Misalnya bila seorang wanita berkata "rasanya kau tak pernah mendengarkan", ia tak mengharapkan kata "tak pernah" itu diartikan secara harfiah. Penggunaan kata "tak pernah" hanyalah untuk mengungkapkan kekecewaan yang dirasakannya saat itu. Kata itu tak boleh diartikan sebagai informasi aktual karena untuk mengungkapkan perasaan wanita secara utuh, wanita menggunakan berbagai macam superlatif, metafor, kiasan, dan penyamarataan (generalisasi). Kaum pria secara keliru menangkap ungkapan - ungkapan ini menurut arti harfiah.  

Contoh kalimat yang biasa diungkapkan venus dan selalu disalahartikan :

Wanita berkata "kita tak pernah jalan - jalan" pria menanggapi "itu tidak benar kita jalan - jalan minggu lalu". Bisa kita lihat bahwa disana pria salah mengartikan, pria menerjemahkan menggunakan tuturan sebagai sarana untuk menyampaikan fakta dan informasi belaka. Dapat pula kita lihat bagaimana kemuian tanggapan dari pria ini akan menjurus menjadi pertengkaran.

Terjemahan harfiah pria terhadap ungkapan "saya merasa tidak didengarkan" menuntunnya untuk mengabaikan dan membantah perasaan wanita, Pria berpikir ia telah "mendegarkan" apabila ia mampu mengulangi pembicaraan sang wanita, padahal terjemahan yang tepat adalah "aku merasa kau tidak sepenuhnya memahami maksudku dan tidak perduli mengenai perasaanku. maukah kau perlihatkan padaku bahwa kau menaruh minta perhatian padaku"

Ketika wanita mengatakan "kita tak pernah jalan - jalan" kalau diartikan dalam bahasa venus berarti "aku ingin pergi keluar dan melakukan sesuatu bersamamu, maukah kau mengajakku keluar?" 

Tanpa terjemahan ini pria barangkali mengartikan "kau tidak melaksanakan tugasmu dengan baik, betapa mengecewakannya kau sebagai seorang wanita tidak pernah menghargaiku, bla bla"

Sama halnya dengan pria, bila wanita bertanya "ada apa?", pria menjawab "aku baik - baik saja", wanita barangkali menjawab "aku tahu ada yang tidak beres apa itu?"lalu timbulah cekcok panjang bla bla bla

Ketika pria bilang aku baik - baik saja, ngak apa - apa, ga ada masalah, dll biasanya ia menginginkan penerimaan dalam diam. Mereka membutuhkan ruangan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri.  Jika diartikan dengan kamus mars, maka maksudnya adalah "Aku baik - baik saja. Aku akan mengatasi kekecewaanku. Aku tidak membutuhkan bantuanmu, terimakasih".

Tanpa terjemahan diatas wanita akan mengatikan "aku tak mau memberitahumu kenapa aku begini, aku tak percaya kau dpat membantu".

Bab 6
PRIA SEPERTI KARET GELANG

Pria seperti karet gelang. Saat menarik diri mereka hanya dapat mulur sejauh mereka dapat mengerut kembali. Karet gelang merupakan kiasan sempurna untuk menjelaskan siklus keakraban pria. Siklusnya adalah mendekat, menarik diri, kemudian mendekat lagi. Pria yang mencintai wanita pun secara berkala merasa perlu menarik diri sebelum dapat lebih mendekat.
Didalam bab ini dijelakan secara detail bagaimana kemudian seorang venus harus bersikap ketika mars sedang menarik diri.

Bab 7
WANITA SEPERTI GELOMBANG

Wanita seperti gelombang, bila ia merasa dicintai harga dirinya naik turun dalam gerakan gelombang. Saat merasa senang, ia akan mencapai puncak tapi suasana hatinya bias berubah dengan tiba – tiba dan gelombangnya akan terhempas turun. Penurunan ini sifatnya sementara. Setelah ia mencapai dasar tiba – tiba Susana hatinya berubah dan ia kembali merasa senang akan dirinya. Otomatis gelombangnya mulai naik kembali.

Saat gelombangnya sedang naik, wanita merasa mempunyai cinta yang berlimpah untuk diberikan. Tapi bila gelombang itu turun ia akan merasa kosong hatinya dan haus diisi dengan cinta. Saat didasar ini merupakan saat untuk mengadakan pembersihan emosional.

Pada saat gelombang ini turun otomatis wanita akan masuk ke dalam sumurnya, ya sama seperti pria yang masuk ke gua, wanita juga akan masuk kedalam sumur jika titik jenuhnya sudah sangat dibawah.Bila perasaan perasaan negatif wanita ditekan, perasaan - perasaan positif juga akan tertekan dan cintapun akan padam. 

Poin penting di bab 7 :

  1. Kaum pria mempertahankan hak untuk bebas, sementara kaum wanita mempertahankan hak untuk kecewa. Kaum pria menghendaki ruang gerak, sementara kaum wanita menghendaki pengertian
  2. Dengan mendukung kebutuhan wanita supaya didengar, wanita dapat mendukung kebutuhan pria untuk bebas
  3. Jangan terlalu membebani ptia dengan menjadikannya satu - satunya sumber cinta dan dukungan
Mungkin hanya 7 bab yang akan aku review, untuk bab selanjutnya yaitu tentang mengungkap kebutuhan emosional yang berbeda - beda, mencegah pertengkaran, memperoleh nilai dari lawan jenis, bagaimana menyampaikan perasan - perasaan yang sulit,, bagaimana meminta pendapat dan dukungan serta menjaga keajaiban cinta agar tetap hidup bisa kalian baca sendiri ya. Semoga bermanfaat ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar