Segala sesuatu selalu dapat dibuat lebih baik, lebih cepat, lebih maju, lebih tinggi, dan lebih hebat. Stay hungry stay foolish. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Pastikan hari ini lebih baik dari hari kemarin. Dan Hari esok lebih baik dari hari ini -Agriani-

Rabu, September 05, 2018

Berbahagialah

Jika hari ini kau sedang dirundung kesedihan karena usahamu untuk membahagiakan orang terdekatmu tidak dihargai olehnya, tak mengapa, tersenyumnyalah. Yakinkan hatimu bahwa kau telah melakukan yang terbaik, dan usahamu juga sudah maxsimal. Kuatkan hatimu dan pastikan bahwa usahamu tidak akan sia - sia, karena akan selalu ada balasan kebaikan, untuk sekecil apapun sebuah kebaikan dan pertolongan.

Jika hari ini kau sedang dirundung kesedihan karena ingatan atas perkataan - perkataanya yang "tidak menghargai" usahamu itu, tak mengapa, maafkanlah. Yakinkan hatimu bahwa kau telah melakukan yang terbaik, dan usahamu juga sudah maxsimal. Kuatkan hatimu dan buktikan bahwa hatimu terlalu luas, dimana pada bagian hati itu alangkah sia - sianya jika memberi maaf saja tak sanggup.

Lalu dengan polosnya kau bertanya - tanya pada dirimu sendiri. Sebenarnya apa kebahagianmu itu?

Apakah bahagia itu ketika kau berhasil meraih segala sesuatu yang kau mau? 
Apakah bahagia itu ketika melihat orang lain berbahagia?
Apakah justru bahagia itu adalah ketika melihat orang lain menderita?

Tentu setiap orang punya parameternya masing - masing dalam mengukur suatu kebahagiaan. Tapi sebenarnya kebahagian tentu tak dapat diukur dengan apapun, bahkan udara yang kita hirup sampai detik inipun adalah sebuah kebahagiaan. Yang buatnya berbeda antara satu dan lain orang adalah tentang tingkatan syukurnya akan satu dan lain hal yang diberikan olehNya. Ada yang bersyukur dengan hal yanng kecil namun tidak besyukur dengan hal yang lebih besar. Ada yang bersyukur dengan hal yang besar tapi tidak mensyukuri sesuatu yang kecil. Ada juga yang tidak mensyukuri keduanya. 

Kau sudah menemukan jawabannya
Barangkali kau memang tidak bisa membahagiakannya.
Barangkali ia yang tak layak untuk dibahagiakan olehmu. 

Maka maafkanlah dan relakanlah, agar kau menjadi orang yang lebih sabar, lebih kuat, lebih bahagia dan lebih hebat. 
Dan lalu bangkitlah untuk kembali membuat kebahagian - kebahagiaan kecil untuk orang terdekatmu lagi dan lagi dengan belajar dari pengalaman - pengalaman sebelumnya agar usahamu lebih optimal dan dihargai.

Tetaplah belajar menjadi baik
Jangan bosan untuk belajar menjadi baik.
Buktikan pada dunia, kau bukan apa yang mereka katakan tentang keburukanmu.

KEEP BEING HUMAN!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar