Segala sesuatu selalu dapat dibuat lebih baik, lebih cepat, lebih maju, lebih tinggi, dan lebih hebat. Stay hungry stay foolish. Jangan pernah berhenti untuk belajar. Pastikan hari ini lebih baik dari hari kemarin. Dan Hari esok lebih baik dari hari ini -Agriani-

Rabu, Juli 11, 2018

Tips MOVE ON TERCEPAT (40 hari) ala Nora

Aku merasa ini penting aku bagikan untuk teman - teman disini, untuk self-healing para wanita khususnya agar tidak ada kata bunuh diri dalam satu dan banyak hal masalah yang biasanya menimpa kaum remaja. 

Selasa 10 Juli 2018, aku pergi menemani temanku untuk tes lab bebas narkoba, di RS Bhayangkara Palembang. Setelah semua rangkaian tes telah ia tempuh tepatnya pukul 10.00 kami menuju musholah rumah sakit, karena untuk hasil lab baru bisa kami ambil pukul 13.00. 

Sebut saja Pinkan teman baikku semasa bangku perkuliahan, dara manja namun juga sangat mandiri, cantik, dan juga pintar. Gadis keturunan asli Ogan Komering Ilir ini baru saja putus dari sang pujangga hatinya. sebut saja Sarwono. Aku sudah tak lama bertemu dengan Pinkan, jelas saja setelah lulus kuliah oktober lalu, baru sekarang kami bertemu lagi apalagi jarak Palembang - OKI cukup jauh 2 Jam lamanya kalo perjalanan menggunakan travel

Pinkan tampaknya sangat murung hari itu, walaupun ia telah disampingku dari pagi - pagi sekali namun hanya raganya saja, tak kulihat hati dan pikirannya ada didekatku. 

"Kan, kamu baik - baik saja kan? Kalo ada masalah kamu boleh kok cerita sama aku, soalnya kamu banyak melamunnya kan dari pagi, insyaAllah amanah, karena biasanya seorang venus (perempuan) akan lebih lega jika bercerita. Yah walaupun tidak semua venus suka bercerita sepertiku misalnya hhe"

"Nyai, aku diputusin sama Sarwono, 10 hari lalu. Aku bingung aku salah apa nyai, dia bilang dia tidak menyayangiku lagi sudah sejak 7 bulan yang lalu, dia bertahan hanya karena dia kasian terhadapku, dia tidak bisa bertahan karena dia selalu terkenang dengan masa laluku dengan Yantok, Padahal aku dengan Yantok tak pernah menaruh rasa sebesar aku menyayanginya nyai, Lagipula aku dengan Yantok itu hanya 2 Bulan nyai dan itupun Yantok telah aku tinggalkan karena ia ketawan kembali lagi dengan mantannya. Aku tidak pernah menjalin kasih dengan rasa yang sebesar ini dengan orang lain selama aku dengan Sarwono nyai, tidak juga pernah mengenalkan siapapun kepada orangtuaku selain Sarwono ini, aku juga tak pernah selama ini menjalin hubungan. Dulu aku menerimanya karena aku yakin dia adalah orang yang kelak akan memuliakanku sebagai seorang wanita, tapi ternyata semua ini kosong nyai. Semuanya sia - sia, yang paling membuatku kecewa adalah selama ini ternyata dia tak pernah punya niatan baik untuk menikahiku, bahkan sudah sejak lama dia merencanakan untuk pergi meninggalkanku, apalagi dia meninggalkaku dengan cara sangat - sangat tidak baik. Yang buatku sangat - sangat tidak menyangka adalah menurut pemikirannya arti tanggungjawab untuk menikahiku adalah ketika aku sudah dia perkosa nyai, sempit sekali kan pemikirannya!. Aku menyesal nyai mencintai orang salah berkali-kali, aku menyesal nyai, aku juga merasa bahwa Allah sudah jera menerimaku untuk kembali kepadaNya, aku benar-benar merasa malu kepada pada Allah nyai". Sambil bercucuran air mata tersedu - sedu kala itu dia meluapkan semua emosinya kepadaku. 

Pinkanku sayang sabar...
Aku tahu apa yang sedang dirimu hadapi saat ini bukanlah suatu persoalan yang mudah. Aku tahu apa yang dirimu tangisi, bukanlah suatu kabar yang mnyenangkan untukmu. Aku tahu kau sedang merasa tersesat, merasa sendirian karena tak ada satupun orangpun yang bisa mengerti apa yang kau rasa. Aku pernah ada diposisi itu, dan aku tahu persis rasanya. Dan dirimu harus tahu jalan satu - satunya yang mampu buatmu bertahan adalah dengan "Bergerak perlahan mengulurkan tanganmu agar Allah menggenggam tanganmu dengan erat dengan cahayaNya yang teduh, dengan cahayaNya yang mampu menembus puluhan lapis langit hanya untuk sekedar membuatmu tegak berdiri kembali. Aku berharap kau memilih untuk percaya Allah dan membiarkan Allah menggenggam erat tangamu... Ikhlaskan semua kejahatannya dengan memaafkannya setulus hati, meski kau tak akan pernah bisa melupakan luka itu. (Tulisan memaafkan pernah aku tulis sebelumnya di blog ini, monggo di check juga)

Pinkanku sayang....
Kau seharusnya bersyukur karena pada hari itu Allah mengajarkanmu mengenai masa depan. Menunjukkan kepada dirimu bahwa itu bukanlah yang terbaik untukmu, mengajarkan dirimu untuk melepaskan sesuatu yang ternyata selama ini tidak kamu butuhkan,menuntunmu untuk berhenti berharap kepada sesuatu yang sangat tidak pantas untuk kehidupan masa depanmu. Pada hari itu pula syetan bergerak gelisah, mereka tahu sebentar lagi Allah akan menunjukkan masa depan yang indah kepadamu. Syetan akan terus mengganggu pikiranmu, agar kau tak percaya kepadaNya dan terus melihat kebelakang. Membuatmu menangis terisak - isak melihat masalalumu, membuatmu kembali berharap selain kepadaNya serta membuatmu marah kepadaNya. 

Sekarang mungkin dirimu sedang sangat merasa bersalah mengizinkan dirimu menyanyangi orang yang salah terus menerus lagi dan lagi. Merasa bersalah se salah salahnya karena membiarkan dirimu berkali - kali mengkhianati Allah. Terlalu banyak rasa sakit yang kau terima dari orang - orang yang salah, sehingga kau terbiasa merasakan rasa sakit sehingga buatmu tak percayaa lagi bahwa suatu saat akan ada kebahagiaan pada waktu yang sangatlah tepat. Maka jika kau ingin benar - benar ingin merasa bahagia berhentilah terlalu mencintai manusia, karena kelak kau akan sadar bahwa sesungguhnya kita hanya butuh cinta dariNya saja. 

"Tapi nyai aku malu pada Allah, aku merasa tidaklah pantas, belum lagi ditambah dengan penilaian manusia yag akan men judge ku"


Kan, lihatlah keatas lang
it yakinlah Allah sedang melihatmu dari kejauhan, berdoalah, mohon ampunlah, Allah akan terus memaafkan umatnya sebelum nyawa kita berada diujung tenggorokan. Jika kau malu meminta karena sudah terlampau sering memintaa cukup puji namaNya saja berulang - ulang karena InsyaAllah Alah sudah mengetahui apa yang kau inginkan sebelum bibirmu berucap. Biarlah Allah menyelesaikan kegundahanmu saat ini dengan caraNya. Sebegitu beratnya masalahmu sekarang ini sehingga kau lupa bahwa segelap - gelapnya masa lalumu, satu - satunya yang menerimamu dengan tulus akan perubahanmu kelak adalah Tuhanmu sendiri. Kan Ia menyanyangimu lebih dai yang kau tahu, menjanjikan pengampunan dosa selama kita terus bertaubat, istighfar KepadaNya, serta kelak nantinya Allah akan bersedia memberikan orang yang akan menerimamu apa adanya jika kau meminta dan memohon kepadanya. Wujud kasih syang Allah itu sangat nyata kan, ia menuntunmu untuk berubah, menjanjikan pengampunan dan penerimaan. Allah tidak meminta banyak dari kita kan. Allah hanya ingin kau terus beristigfar, berubah menjadi pribadi lebih baik lagi, dan percaya kepadaNya secara utuh. Untuk masalah judge dan judge biarlah orang berkata apa kan yang jelas kau sudah tidak tinggal disana, dan kau akan berubah jauh lebih baik kedepannya. Bukankah penilaian Allah lah penilaian yang paling kita butuhkan?


Kan, aku mungkin tidak bisa menyelesaikan masalahmu ini,  tidak bisa menghapus air matamu secara langsung, tapi jika kau butuh bantuanku, aku akan memelukmu kapanpun itu. Sungguh sangat indah jika kita sama - sama saling menguatkan. Aku punya beberapa tips MOVE ON untukmu semoga kamu berkenan ya kan ...

"Makasih ya nyai insyaAllah aku akan berusaha dengan sungguh - sungguh, nyai memang selalu paling mengerti, Iya nyaai aku mau" sambil menghapus air matanya yang mulai reda..

*Sekian*

Kepanjangan prolog yang berisi wejangan buat aku lupa apa inti dari judul entry ini hha, kalo kata kebanyakan orang termasuk aku juga ya, tak ada luka tak akan ada perubahan. Tak ada masalah maka tak akan ada pendewasaan. Karena sejatinya dewasa bukan diukur dari UMUR melainkan dari pengalaman yag kita dapatkan.

Sebelum masuk ke Tips Move on ada baiknya aku sampaikan 5 metode self-healing atau penyembuhan diri dari luka bathin secara individu :

1. Berdamailah dengan keadaan, sadarlah akan kenyataan
2. Jadikan penyesalan sebagai kekuatan terhebat
3. Menulis dengan ekspresif
4. Berdialog dengan diri sendiri (Self talk. mirror talk)
5. Me time 

Dari buku "Men are from mars, Woman are from Venus" dijelaskan bahwa ketika muda seorang Venus (wanita) memang lebih banyak memberi daripada menerima (memberi disana diartikan sebagai pelayanan dan kasih sayang terhadap pasangan) namun ketika ia telah dewasa ia akan sadar bahwa ia terlalu banyak memberi kemudian seorang venus akan mengurangi porsi memberi kepada pasangan, begitu juga sebaliknya pria ketika muda akan lebih banyak menerima tanpa berfikir sedikitpun untuk memberi kepada pasangan.  Jadi ketika seorang pria muda berkata kepada pasangannya "Aku juga telah berusaha banyak memberi, jangan dipercaya karena itu 100% HOAX). Karena sejatinya seorang mars akan banyak memberi ketika ia telah berumur matang dan dewasa.  

Maka langkah pertama MOVE ON adalah :

1. Mengikhlaskan semua pemberian Venus untuk Mars
Karena Venus 90% adalah seorang yang tulus dari dalam hatinya jelas hal ini sangat-sangatlah mudah untuk dilakukan. 

2. Unfollow atau block semua Akun mantan
Well guys untuk orang yang sudah menyakitimu dengan tingkat keparahan yang sangat - sangat parah masih rela ngepoin dia? mikir 100 X deh! keenakan dianya! hha.

3. Denger ceramah offline, dan online sebanyak - banyaknya
Merenungi kesalahan dengan mendengar ceramah sampe nangis deh kalo perluu. Menyesali dosa - dosa kita

4. Kencengin Ruhiyah (tepat waktu dan diperbanyak)
Kencengin ruhiyah kita, misal sholat sunnah rawatib tadinya gaada sekarang dipake semua, sholat sunnah banyak-banyak (taubat, tasbih, witir, hajat, tahajud, dhuha dll), Ngaji biasanya 1 juz naikin deh tu satu juz setengah atau dua juz, dzikir pagi petang, tiap abs sholat dan sebelum tidur, Istigfar sebanyak - banyaknya Nabi Muhammad aja sehari 100x istigfar apalagi kita yang cuma remah - remah rengginang? wkwk, Sholawat 1000x sehari, Infaq sebanyak - banyaknya siapin celengan dirumah khusus untuk ini, waqaf quran dan mukenah dimasjid kalo ada rezeky lebih, kajian pekanan (ini yang paling penting), puasa sunnah banyak-banyak kalo perlu puasa daud hhe, kalo lagi puasa ramadhan itikaf penting banget menurutku karena benar - benar ngecharge ruhiyah kita, terakhir menghafal quran dan disetor per pekannya sama guru atau temen-temennya. 

5. Mencari kegiatan positive
Kalo udah ada aktivitasnya mudah ni tinggal dipoles, kalo gaada dalam arti nganggur ini yang susah hhe. Untuk nganggur kegiatan positive nya bisa dengan membantu pekerjaan dirumah, memasak, mencuci, dll tapi usaha juga nyari kegiatan lain diluar yaaah tapi yang positive jangan malah ngambur-ngamburin uang hee. Semoga cepet dapet kerja nor, lah wkwk.

6. Berfikir Positive
Sabar aja dengan tetap berfikir positive sama Allah, fokus belajar dan kerja saja yaa saranku.

7. Membaca dan Menulis 
Untuk yang ogah ogahan baca coba deh beli beberapa buku khusunya buku keagaaman, buku inspiratif, tokoh-tokoh perempuan dll insyaAllah akan mengunrangi sedikit bebanmu. Kemudian belajarlah untuk menulis. Karena membaca dan menulis itu adalah satu kesatuan yag kalo bisa jangan dipisahkan.

8. Jatuh Cinta Lagi (Kepada Allah SWT)
Karena cinta yang benar - benar tulus hanya cinta orang tua kepada anaknya dan cinta Allah kepada umatNya.

9. Berhenti Pacaran
Dah kapok disakitin, sudah jera kan? nah sekarang stop pacaran, tunggu aja sampe jodohnya nyampe, mungkin dia lagi dijalan wkwkwk. Karena sebenarnya jihad yang paling sulit itu ya jihad melawan hawa nafsu diri sendiri. Semoga dengan luka itu membuat kita jera sehingga untuk mengulanginya lagi ogah.

10 Keluar dan tinggalkan  semua hal yang dapat menekan diri
Misalnya kamu tertekan di satu dua grub Wa, line dsb karena satu dan lain orang, saranku kamu left aja gpp. Jangan mikirin apa kata orang. Seenggaknya dari sana kita juga bisa jaga izzah kita sebagai perempuan dan menjaga diri kita.

11. Tutuplah diri tapi Bukalah Pemikiran
Tutuplah dirimu semakin rapat mulai dari cara berpakaian, interaksi di sosial media dan interaksi langsung kepada orang lain dengan meninggalkan chat yang kurang penting dengan berbicara seadanya, tinggalkaan bercandaan yang sama sekali tak penting, menjaga pandangan dengan menundukkan  pandangan dari laki-laki/perempuan yang bukan muhrim.

Untuk siapapun yang sedang hijrah aku doakan semoga mati matian kita pertahankan keistiqomahan itu hingga syetan bisa kita kalahkan.

Semoga bermanfaat !
InsyaAllah mulai minggu depan aku akan posting review buku-buku yang sudah aku baca hhe. see you!! 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar